Usaha Waralaba Indonesia Yang Telah Mendunia

Apabila ada dari mereka yang mengalami kegagalan dalam usaha bisnis waralaba, mungkin mereka dapat mencontoh orang yang sukses dalam menjalankan bisnis tersebut, dan semoga bisa dijadikan sebuah penyemangat agar bisnis yang dijalaninkan bisa kembali bangkit dan menjadi sukses serta berkembang. Saat ini kemampuan daya beli masyarakat di Indonesia boleh dikatakan jauh lebih tinggi dibandingkan beberapa tahun yang telah berlalu. Hal ini juga diikuti dengan semakin tingginya tingkat kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, pasar yang luas di bumi Indonesia menjadikan tingkat persaingan antar para pelaku usaha semakin ketat. Apalagi ditambah dengan adanya pasar bebas yang menuntut para pengusaha lokal bersaing dengan para pengusaha dari luar negeri. Namun ditengah persaingan saat ini, ternyata tidak sedikit produk usaha waralaba Indonesia yang berhasil menembus pasar impor. Berikut adalah contoh beberapa usaha waralaba Indonesia yang sudah mendunia.

1. Es Teler 77

Siapa yang menyangka kalau bisnis makanan  ini berawal dari kemenangan Ibu Murniati Widjaja yang berhasil memenangkan lomba untuk membuat es teler yang diadakan di sebuah acara di Jakarta pada tahun 1981. Setelah itu, beliau memiliki ide untuk mendirikan sebuah warung dengan konsep tenda sederhana dan pada akhirnya ia berhasil mendirikan sebuah booth di area teras sebuah pertokoan di daerah Jakarta Pusat. Seiring berjalannya waktu, gerai ini telah berhasil mempunyai 180 gerai yang tersebar diseluruh penjuru Indonesia. Bahkan juga sudah menembus pasar internasional, seperti di Malaysia, Singapura, serta Australia.

2. Bumbu Desa

Sesuai dengan namanya, usaha waralaba Indonesia satu ini menyajikan kuliner khas Indonesia, atau lebih tepatnya kuliner khas Sunda. Rumah makan ini didirikan oleh pengusaha Arief Wirawangsadita pada tahun 2004 dengan modal sekitar 8 juta, dan pada saat itu hanya berupa kaki lima sederhana. Pada tahun 2011 keuntungan dari tempat ini telah mencapai sekitar 50 juta perbulannya. Saat ini rumah makan Bumbu Desa telah memiliki sekitar 50 cabang yang tersebar di beberapa kota besar di seluruh Indonesia. Di luar negeri, bumbu Desa telah membuka cabangya di Singapura, Malaysia, dan dalam waktu dekat akan buka di Canada.