Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Masalah mengatur keuangan keluarga memang sulit, terutama untuk pasangan yang baru menikah untuk beberapa bulan dan tahun. Dunia pernikahan awal memang menyenangkan, tapi akan mulai susah pas sudah memulai keluarga kecil. Ada banyak hal-hal penting yang perlu di pikirkan dan di ingat buat mengurus keuangan keluarga dengan baik. Uangmu bukan uangmu sendiri lagi, tapi adalah uang bersama.

Setiap keluarga pasti punya rencana untuk masa depannya, untuk sendiri, pasangan, orang tua atau anak. Bisa buat edukasi, barang, rumah, berliburan hingga dana pension. Rencana ini memang perlu banyak uang dan waktu. Makanya, untuk mengatur keuangan keluarga dan rumah tangga ada cara-caranya di berikut ini.

1. Mulai Menabung Sesegera Mungkin

Menabunglah dari penghasilan. Berikan porsi uang tabungan dan rencanakan dengan baik. Awasilah pengeluaran di dalam keluarga, dan prioritaskan konsuminya. Hutang adalah sesuatu yang harus di lunasin terlebih dahulu. Segera sisihkan penghasilan ke tabungan dengan jumlah yang di rencanakan.

2. Lacak Finansial Keluarga

Saat menabung, setiap keluarga harus tahu isi tabungan seperti jumlah tagihan listrik, telepon, internet, mobil, belanja makanan dan biaya lain-lainnya. Dan juga setiap keluarga harus tau cicilan rumah atau mobil dan juga hutang kartu kredit.

3. Pengertian antara “butuh” dan “ingin”

Memang sangat biasa untuk keluarga yang suka beli barang atau hal-hal yang tidak penting cuman gara-gara ingin, bukan butuh. Buatlah daftaran items yang perlu di belanjakan, dan juga yang cuman di inginkan. Atau bisa juga membuat tabel “keinginan” dan “kebutuhan” untuk memperbedakan keduanya.

4. Hindari Hutang

Hindari menggunakan kartu kredit untuk mengurangi hutang dan beban perencanaan finansial keluarga. Menggunain kartu kredit memang mudah dan cepat, namun itu juga bisa membuatmu terjebak dalam hutangan bila menggunakannya secara sembarangan. Credit card juga salah satu cara untuk menghabiskan uang dengan cepat karena uang yang di belanjakan juga ada bunga dan biaya administrasi. Kebiasaan menggunakan itu akan mengaruh untuk melihat finansial keluarga lebih baik.

Menyimpan uang untuk menabung buat keluarga memang terasa sulit tapi bisa dicapai dengan tips-tips tersebut. Cuman dengan beberapa perubahan untuk merencanakan finansial keluarga akan lebih mudah, seperti mengganti cara belanja dan sisihkan gaji. Jadi mulailah dari sekarang untuk mengelola keuangan rumah tangga. Untuk lebih tahu tentang manage keuangan, bisa di website ini