Tips Bermain di Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek merupakan jenis investasi yang memiliki return dalam waktu yang relatif singkat. Dengan bermain pada investasi ini, seorang investor harus jeli dalam memilik jenis investasi dan mengerti situasi terbaik untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan jenis investasi tersebut. Untuk bermain di dalam investasi ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tipsnya agar tidak kaget, salah membeli, dan merugi. Simak beberapa tips bermain investasi jangka pendek dibawah ini.

Jangan Mudah Terpancing Emosi

Dalam investasi ini, seorang investor akan menghadapi pergerakan harga yang fluktiatif setiap menitnya. Tugas pertama yang harus dilakukan adalah untuk tetap sabar menunggu harga terbaik untuk melaksanakan transaksi jual atau beli. Dalam menentukan harga terbaik tersebut, investor perlu melakukan penghitungan untuk mengetahui posisi terbaik. Salah satu cara untuk melakukan penghitungan tersebut adalah dengan melihat trend dari harga sebelumnya. Selain itu Anda juga perlu mengetahui isu-isu yang ada seputar produk investasi yang Anda beli.

Lakukan Riset Sebelum Transaksi

Pepatah “jangan membeli kucing dalam karung” sepertinya cocok untuk mewakili isi dari poin kedua ini. Yang dimaksud adalah, Anda harus mengetahui produk investasi yang akan Anda beli. Anda perlu melakukan riset mengenai produk tersebut seperti melihat trend harga, posisi harga, isu-isu yang bersangkutan pada produk. Hal ini sangatlah penting untuk menentukan nasib harga investasi yang akan anda beli dan harga yang akan Anda jual di kemudian hari. Agar tidak mengalami kerugian atas investasi Anda, maka sangatlah perlu untuk melakukan riset pembelian atau penjualan tersebut.

Belilah Produk Investasi yang Terpercaya

Tips investasi yang terakhir adalah membeli produk investasi pada pihak yang terpercaya. Banyak sekali pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab akan memanfaatkan uang Anda untuk penipuan dengan iming-iming investasi dalam waktu singkat yang memiliki keuntangan berkali-kali lipat. Untuk mengetahui kebenaran dari produk yang diperjual belikan, Anda perlu melakukan riset terhadap produk tersebut. Selain itu, Anda bisa membeli produk investasi tersebut pada pihak yang sudah terpercaya seperti bursa efek.

Itulah ketiga tips yang harus Anda ketahui dalam bermain di investasi jangka pendek. Semoga artikel ini bisa menambah profesionalitas Anda dalam bermain investasi.