Rumah Unik Dengan Desain Minimalis Yang Keren

Home sweet home, mungkin itu kalimat yang seringkali kita lihat atau dengar kala menyinggung topik tentang tempat tinggal atau rumah. Rumah itu ibarat istana yang membuat sang penghuninya bakalan selalu betah untuk tinggal, apalagi jika rumahnya nyaman dan indah desainnya. Saat ini banyak sekali jasa – jasa arsitek yang menawarkan desain – desain unik dan menarik untuk pembuatan rumah. Biasanya sang arsitek akan membuat desain berdasarkan permintaan dari klien dan kemudian akan memadukan keinginan klien dengan kreatifitas dari arsitek tersebut. Nah, ini dia nih beberapa rumah unik yang ciamik dengan konsep minimalis.

1. Rumah Transparan, Jepang

Sou Fujimoto yang merupakan arsitek terkenal dari Jepang mendesain rumah unik diatas tanah seluas 914 kaki persegi dengan konsep transparan dan minimalis. Awalnya ia terinspirasi dari rumah pohon dimana penghuni rumah pohon dapat saling terhubung satu sama lain tanpa membutuhkan usaha yang terlalu berarti. Rumah ini menggunakan rangka pondasi logam ringan dan temboknya dibuat menggunakan kaca transparan dipadu dengan sebuah teknologi canggih yang membuat penghuninya dapat melihat dan mendengar satu sama lain di bagian manapun di dalam rumah. Rumah ini sangat hemat listrik karena cahaya dan sirkulasi udaranya diatur dengan baik. Pada malam hari, tirai otomatis akan menutupi suasana rumah agar lebih nyaman.

2. Rumah di Atas Air Terjun, Amerika

Terletak di Pennsylvania Amerika Serikat, rumah unik ini awalnya dibangun agar penghuni rumah dapat secara jelas melihat pemandangan air terjun Bear Run. Akhirnya arsitek Frank Lloyd justru membangun rumah ini diatas air terjun! Menarik memang karena suara aliran air terdengar melewati setiap sudut rumah yang melambangkan keharmonisan yang indah antara alam dan manusia.

3. Masion Bordeaux, Perancis

Kompleks tapi fungsional, mungkin ini adalah deskripsi terbaik yang dapat diberikan untuk rumah unik yang satu ini. Rem Koolhaas dari Office of Metropolitan Architecture (OMA) merancang rumah di Perancis ini untuk kliennya yang lumpuh. Tiga lantai yang masing – masing mempunyai ruang dan fungsi yang berbeda di tumpuk ditumpuk dan terhubung dengan platform lift tanpa dinding yang dapat melintasi setiap lantai tanpa penghuninya harus pindah dari platform tersebut.

Gimana menurut kalian, makin tertarik untuk bikin rumah unik versi kalian sendiri? Yang penting harus jelas dan berani dalam merancang desain namun tetap harus memperhatikan sisi kegunaan dan manfaat serta keamanan rumah itu sendiri.