Ragam Inovasi Sosial Yang Berhasil Mengubah Dunia

Sebagai bagian dari masyarakat, kita pasti tahu banyak masalah sosial yang masih menjamur dan mengganggu jalannya kehidupan. Berlandaskan dari masalah-masalah yang terjadi di masyarakat, muncul sekelompok orang yang ingin membawa perubahan. Merekalah yang menciptakan inovasi sosial agar kehidupan masyarakat dapat menjadi jauh lebih baik lagi. Manfaat ini pun sengaja ditujukan untuk dapat dirasakan secara jangka panjang. Lalu, apa saja hal-hal tersebut? Simak rangkumannya di bawah ini.

Program E-Learning

E-learning merupakan salah satu temuan yang berupa program distance learning. Program ini menjadi salah satu inovasi sosial yang mengubah dalam dunia pendidikan. Dengan adanya program ini, kesempatan bagi masyarakat luas untuk mengakses pendidikan jauh lebih banyak lagi. Program ini juga telah banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengakses pendidikannya secara online tanpa harus datang ke kelas.

Fair Trade System

Sistem fair trade merupakan salah satu inovasi sosial dalam bidang komoditas. Sistem ini bertugas untuk membantu masyarakat lokal yang menjadi produsen seperti petani dan nelayan untuk mendistribusikan hasilnya. Cara ini akan membantu penghasil tersebut agar mendapat keuntungan yang adil sesuai dengan kerja yang sudah mereka lakukan.

Micro Financing

Micro financing merupakan salah satu inovasi sosial di bidang usaha kecil menengah yang berupa pinjaman kredit tanpa agunan. Sistem ini dipercaya dapat membantu berkembangnya UKM, terutama bagi para pengusaha yang tidak memiliki cukup modal untuk terus berkembang termasuk wirausaha sosial. Dengan begitu, laju pertumbuhan perekonomian pun semakin meningkat.

Organisasi Sosial Kemasyarakatan

Selain dalam bidang pendidikan, bisnis dan sumber daya, inovasi sosial juga terjadi dalam bidang kemasyarakatan dan budaya. Salah satu contohnya adalah Hak Asasi Manusia (HAM) yang membela kemanusiaan. Dengan adanya penggalakkan prinsip ini, hak-hak masyarakat pun dapat dipenuhi sehingga pelannggaran hak asasi pun dapat dicegah untuk terjadi.

Itulah beberapa inovasi sosial yang sudah terbilang mengubah dunia. Lahirnya inovasi-inovasi ini tentu dapat membantu masyarakat untuk menjalani kehidupan dengan lebih mudah lagi. Tak hanya itu, dengan adanya inovasi sosial ini cara pandang pun dapat diubah agar lebih baik lagi.