Ragam Bentuk Investasi yang Populer di Indonesia

Investasi merupakan sebuah pilihan bagi masyarakat untuk menabung segaligus memutar asset keuangannya agar selalu bertambah dalam jangka waktu tertentu. Ada banyak ragam bentuk investasi yang ditawarkan dan tersedia pada pasar. Dalam pasar dunia, ada jenis investasi yang bernama blue chip. Investasi tersebut merupakan produk investasi yang memiliki nilai jual dan beli sangat mahal. Jenis tersebut sering kali beredar pada pasar internasional dan masih memiliki pemain yang sedikit disbanding dengan ragam bentuk investasi lainnya. Di Indonesia sendiri, ada banyak ragam jenis investasi yang ada. Berikut adalah enam jenis investasi yang populer di Indonesia.

1. Pasar saham

Investasi pasar saham memiliki porsi pemain yang banyak diantara ragam investasi lainnya. Pemain bentuk investasi ini biasanya selalu mengamati perubahan harga pada produk investasinya setiap hari dan setiap saat. Ketika harga diperkirakan sudah mencapai titik tertentu, pemain investasi ini langsung memberikan keputusan jual atau beli. Bentuk investasi ini, bisa dilakukan dimanapun asalkan Anda memiliki koneksi internet yang cepat dan computer untuk memantau pergerakan harga setiap waktunya.

2. Tanah

Melihat harga tanah yang semakin lama mangalami kenaikan harga, investasi pada tanah kian populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan pertumbuhan penduduk yang sangat pesat, sedangkan lahan yang tersedia terbatas. Seusi dengan hukum bisnis, dimana harga sebuah produk dipengaruhi oleh jumlah permintaan dan penawarannya. Investasi pada tanah memerlukan modal yang cukup besar di awal, namun dalam kurun waktu dua hingga empat tahun, harganya bisa naik berkali kali lipat. Harga sebuat tanah juga dapat ditentukan berdasarkan lokasinya, maka dari itu Anda perlu cermat dalam memilih tanah untuk diinvestasikan.

3. Reksadana

Ragam bentuk investasi berikutnya yaitu reksadana. Reksadana merupakan investasi yang dilakukan secara tidak langsung. Hal tersebut disebabkan karena uang yang anda investasikan pada reksadana akan dikelolah oleh pihak bank custodian. Hal tersebut yang membuat jenis investasi reksadana memiliki banyak peminat, karena Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai pergerakan harga pada pasar saham.

4. Emas

Ragam investasi berikutnya adalah logam mulia, atau emas. Investasi emas sudah menjadi investasi favorit masyarakat Indonesia sejak dulu. Perbedaannya adalah investasi emas sekarang lebih fokus pada produk emas batang yang dikeluarkan oleh Antam dan Pegadaian. Sedangkan investasi emas pada era 90-an lebih banyak pada emas perhiasan.

Itulah empat dari sekian banyak ragam bentuk investasi yang populer di Indonesia. Semoga Anda semakin mengerti mengenai dunia investasi dan jenis investasi setelah membaca artikel ini.