Persiapan Keuangan Mahasiswa

Banyak mahasiswa yang punya banyak permasalahan keuangan selama perjalanan mereka di saat kuliah. Tidak punya uang tabungan, uang di ATM, dompet hanya cukup untuk makan sehari atau mempunyain uang yang sangat pas itu sangat biasa untuk mahasiswa, tidak mendahului persiapan keuangan mereka.

Perencanaan finansial memang harus dimulai secepat mungkin. Memang tidak mudah, tapi bukan berarti hal yang mustahil. Ini trik bagi mahasiswa yang perlu memiliki persiapan keuangan yang lebih baik.

1. Mencatatlah Pengeluaran Uang

Mengaturlah uang berdasar kebutuhanmu seperti buat sewa tempat tinggal/kos, kebutuhan pribadi seperti makan, perlengkapan mandi, obat dan cuci, transportasi untuk bensin atau kendaraan, pulsa dan internet dan material buat kuliah. Tapi, hindari untuk menabung pas-pasan juga. Pastikan memiliki lebih dari persiapan keuanganmu untuk cadangan, untuk berjaga-jaga untuk biaya tak terduga. Catatlah semua pemasukan dan pengeluaran setiap hari, minggu atau bulan. Cara itu sangat mudah untuk terus melacak persiapan keuangan bagi mahasiswa, apalagi yang susah untuk melacak arus kas mereka.

2. Keinginan vs Kebutuhan

Overspending dari muda bisa membawa sampai dewasa. Kalau di biasain, bisa bertahun-tahun untuk memperbaiki kebiasaan itu. Makanya, mahasiswa harus tahu perbedaan dengan keinginan dan kebutuhan, suatu keharusan untuk mengetahui perbedaan antaranya. Pisahkan kedua hal tersebut dan belajarlah untuk mengontrol dan mengatur perlilaku pembelian. Kamu harus tahu apa yang kamu mengabiskan uangmu dimana dan buat apa. Ingatlah persiapan keuanganmu dan tahu di mana harus mengeluarkan uang dengan disiplin. Buatlah prioritas pengeluaran tersebut.

3. Menabung

Mengelola uang saku jika masih dapat untuk menabung saat menerimanya. Jumlahnya berapapun tidak masalah, yang penting tabungnya rajin. Tabungan bisa dengan jumlah berapa saja, bisa mulai dari Rp 500 per hari atau ke Rp 1.000.000 per bulan. Itu akan bermanfaat dalam jangka panjang. Tabungan pun bisa berbentuk tabungan darurat atau untuk tertentu untuk bisa di gunakan sesuai kebutuhan dan keinginanmu, kalau sudah cukup, tentunya. Ini untuk persiapan keuangan mahasiswa yang membutuhkan keperluan penting atau untuk sedikit hiburan.

4. Punyalah Rekening Bank Yang Berbeda

Untuk anak kuliah yang lagi rencana untuk menabung atau meminimalkan pengeluaran, punya rekening yang berbeda itu sangat membantu. Apa lagi untuk melecak pengeluaran dan juga membedakan spending antara kebutuhan dan keinginan, bahkan cara ini lebih mudah. Uang di rekening bank memang di jamin aman dan mudah untuk transaksi keuangan. Tips ini sangat penting untuk mahasiswa yang melakukan kegiatan lain diluar kuliah, untuk rekeningnya tidak ke campur. Bisa saja nanti persiapan keuangannya jadi kecampur sama uang pribadi, dan akhirnya tidak bisa melacak sebrapa uang yang bisa di konsumsi atau tabungan. Biar aman, simpanlah di bank yang berbeda, atau simpan di bank.

Bagaimana dengan tips untuk persiapan keuangan untuk mahasiswa, tidak susah kan? Mengontrol dan menabung dari saat mahasiswa itu sangat penting untuk kesehatan sendiri dan juga untuk masa depan. Apa lagi yang mau menikah atau buka bisnis dan punya kebiasaan untuk overspending. Belajarlah dengan teliti bagaimana untuk membelanja dan mengeluarkan uang dengan baik. Untuk tips lain seputar persiapan keuangan bisa di lihat disini.