Pengaruh UKM Terhadap Ekonomi Indonesia       

Usaha kecil menengah, atau biasa dikenal dengan nama UKM, saat ini kian menjadi buah bibir di kalangan generasi millennial. Pasalnya, anak millenial memiliki pandangan yang lebih independen dan bebas, dibandingkan jika mereka harus bekerja di perusahaan besar. Memang tidak semua kaum millennial memilih mendirikan UKM, namun hampir sebagian besar dari mereka sedikit demi sedikit telah menyadari pengaruh UKM pada kondisi ekonomi Indonesia. Bisnis UKM yang akhir-akhir ini bermunculan ternyata memiliki pengaruh positif terhadap ekonomi di Indonesia. Hal ini ternyata karena pengaruh UKM termasuk kecil namun banyak, ternyata dapat mendukung perekonomian ditengah-tengah kerasnya pergerakan ekonomi dunia. Namun, hal itu hanya sebagian kecil dari pengaruh UKM di Indonesia. Simak beberapa dampak positif lainnya dari pengaruh UKM terhadap ekonomi negara di ulasan berikut ini.

1. Penggerak Roda Perekonomi Indonesia

UKM merupakan sebuah bisnis yang dibangun dan dikelola oleh masyarakat lokal. Artinya, seluruh keuntungan dan cash flow pada bisnis tersebut terjadi di dalam tubuh masyarakat Indonesia. Hal ini tentu berdampak pada bertambahnya aliran pemasukan pada perekonomian bangsa tanpa dipengaruhi oleh kondisi perekonomian negara luar atau investasi negara asing. Maka dari itu, jika kondisi perekonomian di dunia sedang jatuh karena sebab – sebab tertentu, maka roda perputaran uang di dalam negeri masih dapat stabil, karena masih ada UKM yang berjalan.

2. Bangsa yang Mandiri

Selain itu, dengan banyaknya UKM di Indonesia, negara ini dapat menjadi sebuah negara yang berdikari. Artinya, Indonesia tidak perlu lagi mengandalkan investasi dari negara atau investor asing untuk mensupport perekonomiannya. Hal ini karena negara telah memiliki perekonomian yang baik dengan adanya dukungan dari sektor UKM. Itulah mengapa belakangan ini, pemerintah Indonesia sangat gencar  mendukung berdirinya UKM dan menjaga eksistensi UKM dengan cara memudahkan birokrasi untuk membuat UKM, subsidi dana, hingga penyediaan lokasi atau lahan bagi para pelaku usaha ini.

Itulah dua dari banyaknya pengaruh UKM yang mempunyai dampak positif bagi perekonomian kita. Mari bersama-sama kita menciptakan UKM, demi menjadi bangsa yang mandiri dan mampu menjadi tolak ukur bagi kesuksesan negara – negara lainnya.