Meningkatkan Ekonomi Indonesia Dengan Dua Cara Berikut

Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang tengah memfokuskan pemerintahannya dalam membangun infrastruktur dan perekonomian. Sejak era pemerintahan Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur di luar pulau Jawa seperti contohnya Kalimantan, Sumatera, dan Papua semakin berkembang. Sedangkan upaya untuk mendukung peningkatkan ekonomi Indonesia telah dimulai melalui program tax amnesty dan undang-undang tentang pendirian UKM. Dengan adanya 2 program tersebut, pendapatan pemerintah dari sektor pajak menjadi lebih jelas dan terukur, hal ini dikarenakan data pemasukan uang pajak menjadi lebih jelas serta teratur. Selain itu, reformasi birokrasi untuk usaha kecil menengah juga mengakibatkan banyaknya bisnis – bisnis kecil baru bermunculan sehingga mampu mendorong ekonomi Indonesia. Sebagai warga negara, kita juga wajib mendukung peningkatan ekonomi bangsa. Tidak perlu untuk membuat hal seperti yang dilakukan oleh pemerintah, cukup dari hal yang ada dan hal yang kecil. Untuk itu, kita bisa melakukan beberapa hal di bawah ini demi membantu meningkatkan ekonomi Indonesia.

1. Menggunakan Produk Dalam Negeri

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan produk dari dalam negeri. Hal ini dapat membantu meningkatkan perekonomian karena produk lokal diciptakan oleh masyarakat lokal dan menggunakan sumber daya yang juga lokal. Sehingga dengan membeli produk dari orang lokal, secara tidak langsung kita telah membantu untuk menjaga perputaran roda ekonomi di dalam sebuah negara. Semakin banyak uang yang berputar, maka akan membantu peningkatan ekonomi Indonesia.

2. Taat Membayar Pajak

Mengikuti program dari pemerintah yaitu tax amnesty yang artinya adalah pengampunan pajak, membuat masyarakat menjadi tergerak untuk mulai membayar pajak yang telah lama tertunda. Dengan membayar pajak, maka kita juga turut meningkatkan pendapatan untuk negara dan ekonomi Indonesia. Selain itu, pajak sangat berguna untuk membantu miningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat lewat subsidi dan pembangunan infrastruktur. Hal ini ibarat efek domino dimana dengan melakukan  satu hal tersebut, dapat berdampak positif di berbagai bidang dan sektor.

Itulah dua hal yang bisa kita lakukan demi membantu meningkatkan kondisi ekonomi. Semoga Anda menjadi tergerak dan dapat segera membantu negara ini.