Memaksimalkan Keuangan Demi Masa Depan         

Tidak ada satupun orang di dunia ini ingin bila rencana yang telah mereka susun berakhir dengan berantakan, apalagi jika rencana itu adalah rencana yang nantinya berguna untuk masa depan kita dan keluarga. Sekuat dan sepintar apapun manusia, pasti ada satu kelemahan yang dapat membuat kita jatuh. Memaksimalkan keuangan sangatlah penting apalagi bagi kita yang sudah berkeluarga, tak pelak banyak orang yang kewalahan mengatur keuangan mereka karena terlambat atau menunda hingga tiba saatnya uang itu dibutuhkan. Tak dipungkiri memang, banyak konsultan keuangan yang dapat mengatur uang kalian sehingga kita tinggal duduk dan mendapatkan laporan setiap jangka waktu tertentu. Namun biaya untuk seorang konsultan sangatlah mahal, apalagi bila konsultan tersebut berasal dari perusahaan ternama. Maka dari itu ada baiknya untuk mulai merencanakan dan memaksimalkan keuangan sendiri sehingga tidak bergantung pada oang lain.

1. Bedakan Keinginan Dan Kebutuhan

Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang seringkali susah untuk dibedakan apalagi jika yang ingin di beli telah lama diidam – idamkan, biasanya keinginan tersebut menjadi prioritas utama untuk dibeli mengalahkan kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Demi memaksimalkan keuangan, bedakan hal yang berdasarkan keinginan dan yang memang menjadi kebutuhan.

2. Tetapkan Budget

Mungkin kalian sering melihat di televisi, banyak pejabat yang jika sedang rapat mengenai bujet atau anggaran belanja sampai bertengkar bahkan lempar – lemparan kursi. Ini karena jika bujet sangat penting dan jika salah membuat rencana maka rencana keuangan akan berantakan. Hal ini juga berlaku bagi  kalian yang ingin memaksimalkan keuangan, tetapkan berapa bujet yang kalian miliki dan bertahanlah dengan nominal tersebut, lebih sedikit mungkin tidak apa – apa, tapi jangan berlebihan.

3. Menabung

Menabung juga bisa menjadi cara memaksimalkan keuangan yang baik dan mudah dilakukan. Simpanlah sebagian penghasilan kalian minimal 10% dan jika penghasilan bertambah, maka nominal tabungan juga harus bertambah. Tabunga ini akan membantu kalian nantinya disaat membutuhkan dana mendadak dan bisa juga sebagai penyokong saat kalian pensiun nanti.

4. Buat Catatan Pengeluaran Bulanan

Mencatat pengeluaran sangatlah penting untuk mengetahui kemana uang kita mengalir. Catat hingga ke hal – hal yang paling kecil seperti saat membeli makanan kecil, kopi atau lainnya. Saat akhir bulan lakukan review sehingga di bulan berikutnya kita bisa tahu mana yang perlu dikurangi atau ditambahkan.