Mau Ngerasain Suasana Gunung Tanpa Harus Mendaki? Disini Tempatnya

Pada umumnya, orang-orang sering mendaki gunung karena ingin merasakan suasana gunung yang sepi, sunyi dan indah. Begitu mudah untuk mendaki gunung di Indonesia karena memiliki banyak gunung yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sebagian orang menikmati perjalanan pendakian dari kaki gunung hingga puncak gunung untuk mendapatkan kepuasan. Dalam mendaki gunung, diperlukan persiapan stamina yang sangat baik dan sehat. Hal ini dikarenakan perjalanan mendaki gunung akan memakan waktu empat hingga tujuh jam yang terus bergerak dan merasakan perbedaan suhu. Namun, beberapa orang memiliki kekuatan fisik yang kurang baik untuk mendaki gunung. Untuk tetap bisa menikmati suasana gunung tanpa harus mendakinya, Indonesia memiliki beberapa tempat tersebut. Berikut adalah tempat untuk merasakan suasana gunug tanpa harus mendakinya.

Mandalawangi

Mandalawangi merupakan bumi perkemahan yang terletak di kaki gunung Gede, Cibodas. Pintu masuk bumi perkemahan Mandalawangi bersebelahan dengan pintu masuk taman nasional Gunung Gede. Karena terletak di kaki Gunung Gede, Bumi Perkemahan Mandalawangi memiliki suhu yang dingin dan langit yang cerah, bahakan jika cuaca cerah, pada pukul dua pagi, anda bisa melihat lautan bintang (Milkyway) di atas langit Mandalawangi. Mandalawangi memiliki suasana yang sepi dengan sedikit pohon dan lebih banyak lapangan dan danau buatan.

Sukamantri

Berbeda dengan Mandalawangi, Sukamantri memiliki suasana hutan yang dekat dengan pemukiman warga. Dengan banyaknya pepohonan akan memberikan suasana hutan dan gunung jika anda sedang berada di Sukamantri. Lokasi yang berada pada kaki gunung halimun ini membuat suhu bumi perkemahan Sukamantri menjadi dingin dan sejuk bagaikan di gunung,

Gunung Bromo

Tempat terakhir untuk merasakan suasana gunung tanpa harus mendaki adalah Gunung Bromo. Meski Bromo merupakan sebuah Gunung, anda tidak perlu mendaki hingga berjam jam. Di Bromo anda bisa menggunakan Jeep yang disewakan oleh warga local dan menaiki kuda. Pagi hari anda bisa melihat sunrise, setelahnya anda bisa turun ke padang savanna, bukit teletubies, hingga menaiki anak tangga untuk melihat kawah Gunung Bromo.

Itulah ketiga tempat untuk merasakan suasana gunung tanpa harus mendaki gunung. Namun, suasana gunung terbaik tetaplah hanya dimiliki oleh gunung itu sendiri. Dengan beragamnya gunung di Indonesia, anda akan merasakan pengalaman yang berbeda beda pada setiap gunung. Untuk mengetahui tempat liburan selain di dalam negri, anda bisa melihatnya di situs ini.