Ikuti Kebiasaan Makan Orang Jepang ini Untuk Menjaga Kesehatan

Hampir seluruh dunia tahu bahwa orang Jepang memiliki gaya hidup yang disiplin dan tertata. Jarang pula penduduknya yang mengalami obesitas dan kelebihan berat badan seperti di negara lain pada umumnya. Disamping itu, usia harapan hidup di negara itu juga besar dan tak jarang yang terlihat awet muda. Hal ini tentu menarik perhatian dunia mengenai apa rahasia mereka semua dalam menjaga kesehatan. Penasaran? Simak beberapa kebiasaan makan orang jepang dalam menjaga kesehatan di bawah ini untuk Anda ikuti.

Rajin Mengkonsumsi Ikan Laut

Salah satu rahasia orang jepang untuk terlihat awet muda dan memiliki kulit yang bagus adalah dengan rajin mengkonsumsi ikan laut. Terlebih masyarakat Jepang mengkonsumsinya dengan jumlah yang cukup besar, yaitu sekitar 100 gram per hari. Maka tak jarang pula kuliner Jepang yang menjadikan ikan laut segar sebagai bahannya. Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan dapat mempengaruhi regenerasi kulit dengan cepat. Anda juga bisa memilikinya dengan ikut mengganti konsumsi daging merah dengan ikan.

Banyak Konsumsi Sayuran

Salah satu cara lainnya yang kerap dilakukan oleh orang Jepang dalam menjaga kesehatan adalah dengan banyak mengkonsumsi sayuran. Biasanya mereka menyisipkan sayuran pada setiap menu makanannya. Ada yang dalam bentuk salad atau coleslaw, ada pula yang menjadi campuran dan dimasak langsung. Kebiasaan ini juga dapat Anda contoh untuk mempertahankan sistem pencernaan yang baik.

Perbanyak Sumber Karbohidrat Kompleks

Jika kita sebagai orang Indonesia meyakini bahwa nasi putih adalah sumber karbohidrat terbaik yang harus dikonsumsi harian, maka itu tak sepenuhnya benar. Memang orang Jepang juga menyukai nasi putih, tetapi ada juga sumber karbohidrat lainnya yang lebih kompleks dan baik untuk tubuh. Contohnya ubi, kentang dan soba yaitu mie yang terbuat dari tepung gandum. Hal ini dapat menghindari tubuh dari diabetes karena kelebihan gula yang didapatkan dari karbohidrat sederhana seperti nasi dan mie.

Sering Mengkonsumsi Antioksidan

Kita semua pasti tahu jika orang Jepang lekat dengan teh hijau dan rumput laut. Dua hal tersebut adalah bahan kaya antioksidan yang membantu tubuh untuk menghambat penyerapan lemak berlebih. Itu alasannya mengapa jarang sekali orang Jepang yang kelebihan berat badan. Selain itu, konsumsi antioksidan juga dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan makan orang Jepang yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan. Jika Anda juga ingin sehat, kebiasaan-kebiasaan mudah ini bisa diikuti secara perlahan. Selamat mencoba!