Hindarilah Beberapa Kesalahan Membangun Rumah Ramah Lingkungan Ini

Bosan dengan desain rumah yang itu – itu saja? Sudah mulai tertarik dan peduli dengan lingkungan? Mungkin desain rumah berkonsep eco friendly bisa menjadi salah satu yang Anda coba. Pertimbangan detail dari segala aspek yang ada dirumah seperti pondasi, atap, listrik, air, dan kualitas udara perlu dikaji secara mendalam agar rumah dapat dibangun dengan memenuhi aspek – aspek humanis dan alami tanpa menghilangkan faktor kenyamanan dan keamanan yang ada. Maka dari itu sebelum membangun rumah ramah lingkungan, ketahuilah kesalahan – kesalahan berikut ini agar dapat Anda hindari.

1. Membangun di Lokasi Yang Salah

Banyak yang berfikir membangun rumah lingkungan harus dekat dengan hutan, di daerah pedesaan, atau di tempat – tempat yang masih alami daerahnya, padahal membangun di daerah seperti itu justru akan mengganggu kestabilan ekosistem yang sudah ada sebelumnya. Pembangunan jalan baru, sumber air, pagar pembatas, dan lainnya dapat mengacaukan kehidupan satwa dan tumbuhan lokal yang ada disana. Bangunlah di daerah perkotaan agar dapat memberikan inspirasi bagi orang lain agar turut mendukung program pelestarian dan pembangunan ramah akan lingkungan.

2. Tidak Menggunakan Produk Yang Ramah Terhadap Lingkungan

Membuat rumah yang ramah kepada lingkungan tentunya juga harus menggunakan material yang ramah kepada alam. Atap, dinding, sekat, hingga perabotan sebaiknya menggunakan bahan yang bersifat eco friendly. Manfaatkan pula bahan – bahan bekas seperti kayu bekas dan kaca daur ulang.

3. Tidak Memanfaatkan Sinar Matahari

Rumah dengan konsep ramah akan lingkungan tidak hanya semata – mata harus ramah kepada lingkungan saja, namun juga harus membuat para penghuninya sehat karena manfaat dari alam yang bisa diperoleh. Untuk itu, manfaatkan sinar matahari dengan membuat jendela – jendela besar atau tembok dan atap yang terbuat dari kaca sehingga sinar matahari bisa masuk dengan maksimal terutama pada jam 7 -9 pagi dan 1- 3 sore.

Nah, itu dia beberapa kesalahan pembuatan rumah ramah lingkungan yang kerap terjadi. Untuk itu hindari kesalahan diatas, dan lengkapi pula rumah Anda nantinya dengan asuransi rumah yang dapat anda lihat informasinya dengan berkunjung ke halaman ini.