Hal – hal Yang Wajib Diketahui Tentang Tanggungan Perjalanan

Dalam melakukan perjalanan, baik itu liburan atau perjalanan bisnis, tanggungan perjalanan sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan diri kita dari segala resiko yang akan terjadi. Banyaknya jenis asuransi perjalanan membuat kita harus lebih pintar dalam menentukan jenis asuransi perjalanan yang akan kita pilih. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang tanggungan perjalanan.

1. Jenis Tanggungan

Jenis tanggungan perjalanan terbaik adalah yang sifatnya mencakup wilayah internasional. Jenis ini akan mengcover segala kebutuhan anda jika sewaktu – waktu terjadi kehilangan barang, darurat medis, maupun terjadi pembatalan penerbangan dari pihak maskapai. Selain itu ada pula yang menanggung berdasarkan kurun waktu tertentu untuk berbagai keperluan. Untuk pelajar, ada juga yang namanya Student Assist untuk menanggung para pelajar yang sedang mengenyam pendidikan di luar negeri.

2. Harga dan Apa Yang di Tanggung

Secara umum, premi yang dikeluarkan oleh pihak penanggung biasanya lebih kecil dari biaya yang harus di keluarkan untuk total perjalanan, bahkan tidak sampai satu persen. Harga dan tanggungan juga variatif tergantung perusahaan yang kita ambil. Ada perusahaan yang memiliki jenis executive seharga Rp.270.000 dengan total tanggungan sekitar 50.000 Euro, ini jenis tanggungan yang wajib dimiliki oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke Eropa. Untuk Asia sendiri harganya sekitar 12 Dollar.

3. Cara Klaim

Dalam bisnis tanggungan perjalanan, terdapat dua skema untuk mengklaim dana asuransi. Yang pertama adalah yang paling umum yaitu jika perusahaan penanggung termasuk ke dalam worldwide provider. Dengan begitu jika suatu saat terjadi darurat medis dalam perjalanan dan membutuhkan perawatan di rumah sakit maka Anda tinggal menunjukan kartu asuransi kepada pihak rumah sakit. Namun tidak semua perusahaan menyediakan layanan seperti ini. Yang kedua adalah skema reimburse. Cara kerjanya adalah jika terjadi darurat medis maka Anda bisa berobat terlebih dahulu dengan biaya anda sendiri namun harus meminta surat keterangan dari rumah sakit tempat Anda berobat untuk proses klaim di Negara asal Anda.

Itulah hal – hal yang harus diperhatikan dalam mengambil opsi tanggungan perjalanan untuk perjalanan Anda. Selain itu ketahui juga dimana dan berapa lama asuransi tersebut berlaku. Untuk mendapatkan wawasan seputar asuransi perjalanan, coba kunjungi situs ini.