Bisnis Indonesia Terkenal Hingga Ke Negeri Tetangga

Mereka yang memulai suatu bisnis pastilah mempunyai tujuan agar bisnis yang mereka jalankan bisa terus sukses dan semakin maju. Tidak ada satupun pengusaha di dunia ini yang ingin bisnisnya mengalami kegagalan bahkan bangkrut. Boleh dikatakan, orang yang terjun ke dalam dunia bisnis adalah orang yang mempunyai mental baja dan memiliki keinginan yang kuat untuk terus maju. Apabila Anda termasuk orang yang tidak memiliki kedua hal tersebut maka dijamin nantinya Anda akan sulit untuk bangkit saat tiba – tiba mengalami kegagalan dalam bisnis yang dijalankan. Hal tersebut ternyata tidak hanya berlaku bagi pebisnis yang menjalankan bisnis pribadi saja, namun juga berlaku juga bagi enterpreneur yang menjalankan bisnis waralaba. Meskipun resiko kegagalan bisnis jenis waralaba lebih rendah dibandingkan dengan bisnis pribadi, namun hal tersebut ternyata tidak menjadi patokan bagi mereka yang akan memulai bisnis waralaba akan melulu menjadi orang yang sukses nantinya. Berikut ini adalah deretan bisnis Indonesia yang telah mendunia yang mungkin dapat menginspirasi Anda.

1. JCo Donuts & Café

Bisnis Indonesia yang pertama adalah donat J.Co. Mungkin sebagian besar orang Indonesia sudah pernah mendengar nama dari bisnis Indonesia satu ini, atau mungkin sudah sering mencicipi berbagai varian donat yang dijual disana. J’Co Donut and Coffe merupakan sebuah waralaba makanan yang khusus memproduksi makanan seperti donat, pastry, minuman berkafein. Pemilik J’Co tak lain adalah Johnny Andrean yang telah lama dikenal sebagai pakar hair stylish.  Tapi siapa yang menyangka jika ternyata toko ini adalah perusahaan yang berasal dari tanah Indonesia. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2005 dan hingga sekarang telah merambah negara lainnya di Asia, seperti Malaysia, Tiongkok, Filipina, dan Singapura.

2. Kebab Turki Baba Rafi

Gerobak Kebab Turki Baba Rafi saat ini dapat ditemui di banyak lokasi di kota-kota besar seluruh Indonesia. Kebab Turki ini awalanya didirikan oleh seorang pengusaha bernama Hendy Setiono pada tahun 2003 dengan modal awal hanya sebesar 4 juta. Pada tahun pertamanya, ia berhasil membuka cabang di 6 tempat. Masuk ke tahun kedua, Hendy memutuskan untuk menggunakan sistem waralaba pada usaha kebab miliknya. Saat ini, bisnisnya telah berhasil melebarkan sayap di beberapa negara, diantaranya Malaysia, Thailand, Sri Lanka, Tiongkok, serta Filipina. Bisnis Indonesia ini terbilang sangat sukses melihat pencapaiannya selama beberapa tahun belakangan ini.

3. Ayam Bakar Mas Ono

Bisnis Indonesia di urutan terakhir ini bisa dibilang sangat tradisional banget! Sesuai dengan namanya, bisnis Indonesia ini menyajikan menu makanan khusus ayam bakar. Rumah makan ini didirikan oleh Agus Pramono, seorang laki – laki asal Madiun pada tahun 2000, yang dulu didirikan di sebuah lahan kosong serta mempunyai konsep kaki lima. Agus Pramono saat ini telah sukses melebarkan sayap usahanya sampai ke luar negeri, salah satunya adalah Malaysia. Berkat usahanya tersebut, ia berhasil memperoleh penghargaan untuk pengusaha yaitu Asia Pasifik Enterpreneur Award 2010.