Beberapa Langkah Memperkuat Sistem Keamanan Rumah

Masih tingginya kesenjangan sosial di Negara – Negara berkembang seperti contohnya Indonesia, membuat tingkat kejahatan terutama perampokan rumah masih menjadi momok menakutkan untuk saat ini. Kasus terbaru yang menyita perhatian publik adalah kasus perampokan di daerah Rawamangun yang menewaskan 5 orang dan melukai 6 orang lainnya akibat disekap bersama – sama di dalam kamar mandi rumah. Berbagai sistem keamanan rumah yang canggih saat ini telah tersedia untuk menunjang keamanan dan keselamatan penghuninya. Nah ini dia beberapa cara ampuh untuk memperkuat sistem keamanan rumah, yuk mari kita lihat.

1. Lampu

Semakin terang rumah Anda, maka kemungkinan untuk dijadikan sasaran kejahatan akan semakin kecil, karena biasanya pelaku akan mengincar rumah dengan sistem penerangan yang tidak terlalu baik agar mereka dapat bebas dan lancar dalam melakukan aksinya. Namun bukan berarti Anda harus memasang banyak lampu di rumah karena tentunya akan membuat biaya listrik bulanan membengkak. Tipsnya adalah dengan memasang lampu pada spot – spot yang rawan dan maksimalkan penerangan dari lampu yang ada dengan mengecat tembok dengan warna terang.  Bisa juga dengan membuat lampu sebagai sebuah tanda bahaya seperti lampu yang menyala mati dan menyala tiba – tiba jika terjadi gerakan di daerah – daerah tertentu di rumah.

2. Interkom

Sistem keamanan rumah ini sangat membantu jika ingin mengetahui dan berkomunikasi dengan orang yang datang kerumah tanpa harus bertatap muka. Sekarang ini banyak pula intercom yang dilengkapi dengan kamera bawaan sehingga Anda dapat sekaligus melihat wajah dari si tamu.

3. Kamera Pengawas

Kamera pengawas merupakan sistem kemanan rumah paling populer saat ini. Dengan kamera ini, Anda dapat dengan bebas memperhatikan dan mengawasi area – area di dalam dan di sekitar rumah Anda. Selain itu dengan fitur penyimpanan data yang terdapat di kamera ini dapat Anda gunakan sebagi bukti jika suatu saat rumah Anda menjadi korban perampokan.

Itulah beberapa cara memperkuat keamanan yang dapat Anda terapkan. Selain itu lengkapi juga dengan asuransi rumah yang dapat Anda lihat manfaatnya disini.