5 Destinasi Wisata di Pulau Komodo yang Belum Kamu Ketahui

Beberapa hari lalu, Google memiliki tampilan yang tak biasa, yaitu terdapat gambar hewan Komodo pada tulisan “Google”. Hal tersebut disebabkan karena Google sedang merayakan ulang tahun Taman Nasional Komodo yang ke-37 tahun. Taman Nasional Komodo memiliki luas 1.817 km persegi yang bertujuan melindungi habitat hewan purba Komodo. Taman Nasional ini sering dikunjungi oleh wisatawan local maupun asing karena keindahan alamnya. Berikut adalah lima destinasi wisata di Taman Nasional Komodo.

  1. Pantai Pink

Pulau Komodo memiliki sebuah pantai yang disebut dengan Panti Pink atau Pink Beach. Sesuai dengan namanya, pantai ini menawarkan nuansa warna merah muda pada pasirnya. Warna merah tersebut dihasilkan dari pecahan karang berwarna sama yang terdapat di sekitar pantai. Karang yang terus menerus terkena air akan terkikis dan bercampur dengan pasir di pantai tersebut.

  1. Pulau Kelor

Pulau Kelor merupakan pulau yang berada berdekatan dengan Pulau Komodo. Di pulau ini anda bisa melakukan snorkeling dengan melihat keanekaragaman pesona bawah laut. Pulu Kelor memiliki sekitar dua ratus enampuluh jenis karang dan ribuan jenis ikan. Selain itu, pemandangan eksotis dapat dinikmati di pulau ini, karena berdekatan dengan pulau-pulau kecil lainnya.

  1. Kampung Wisata Komodo

Selain ditempati hewan langka Komodo, Pulau Komodo juga dihuni oleh sekitar 1.700 orang yang tinggal di Desa Komodo. Desa yang terletak di Manggarai Barat ini menyediakan berbagai souvenis dari Pulau Komodo yang mereka buat sendiri. Selain itu, konon warga local tersebut bisa bercengkrama dengan para Komodo.

  1. Loh Buaya

Tempat ini merupakan tempat persebaran hewan Komodo di Pulau Rinca. Anda bisa menaiki kapan dari Labuan Bajo dengan waktu tempuh dua jam untuk mendatangi pulau Loh Buaya. Anda akan mengelilingi pulai ini dan meliha Komodo dengan pemandu wisata yang terlatih.

  1. Gili Laba

Gili Laba memiliki spot foto terbaik di Taman Nasional Komodo. Mungkin beberapa kerabat anda pernah memposting foto indah berlatar laut dan bukit ketika berada di Taman Nasional ini. Tempat tersebut adalah bukit Gili Laba.

Jadi bagaimana? Apakah anda berminat untuk menjelajahi daerah Indonesia lainnya seperti Taman Nasional Komodo ini? Banyak pilihan treling di dalam negri yang indah, selain itu ada pula sedikit destinasi wisata luar negri yang indah, seperti yang bisa dilihat di halaman ini. Semoga dengan artikel ini, anda bisa semakin mencintai keberagaman dan kekayaan alam Indonesia.