Cara Mempersiapkan Dana Darurat yang Baik dan Benar

uang-elektronik
Uang Elektronik

Selain investasi, dana darurat juga merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki setiap orang agar hidup nyaman dan tenang. Banyak cara buat mempersiapkan dana tidak terduga dan begini cara menghitungnya.

Pasalnya gak bisa dipungkiri kalau kerap kamu dihadapkan dengan keadaan yang mengharuskan mengeluarkan uang mendesak dan nominalnya juga cukup besar.

Kalau gak punya simpanan uang alias dana tak terduga yang ada bakal pusing sendiri mencari pinjaman ke mana-mana. Kalau mengajukan pinjaman ke bank tentu butuh waktu, mau gak mau pinjam ke orang terdekat, baik keluarga atau teman.

Salah satunya adalah tabungan atau dalam bentuk investasi, misalnya saja emas batangan yang bisa dijual cepat dan harganya juga gak turun-turun banget.

Nah, kebutuhan dana darurat setiap orang itu berbeda. Terutama buat mereka yang masih sendiri dan sudah berkeluarga.

Berapa idealnya nominal dana darurat yang harus dimiliki?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau dana tak terduga buat yang belum menikah dan sudah menikah itu berbeda.

Kalau masih sendiri alias belum berumah tangga, disarankan memiliki dana darurat sekitar 4 hingga 12 bulan dari jumlah pengeluaran. Sedangkan kalau udah menikah, memerlukan dana darurat sebesar 6 hingga 12 bulan dari pengeluaran.

Akan tetapi, sebaiknya juga bisa memotong pengeluaran yang gak penting. Jadi, uang yang dikeluarkan benar-benar dibutuhkan. Balik lagi, yang dibutuhkan bukan diinginkan.

Contoh kasus

Belum menikah

Andi merupakan seorang karyawan swasta yang belum menikah dengan gaji per bulan 10 juta dan pengeluaran setiap bulannya sebesar 6 juta.

Maka, dana darurat yang perlu Andi persiapkan adalah berkisar antara Rp 24 juta hingga 72 juta. Minimal, Andi harus memiliki uang di tabungannya sebesar Rp 24 juta.

Sudah berkeluarga

Ridho sudah menikah dan memiliki satu orang anak yang masih kecil. Setiap bulannya, ia mendapatkan penghasilan sebesar 15 juta rupiah dengan pengeluaran bulanan 12 juta rupiah.

Dengan begitu, maka Ridho harus mempersiapkan dana minimal sebesar Rp 72 juta hingga 144 juta rupiah, baik disimpan dalam tabungan atau investasi seperti logam mulia.

Wah, besar banget ya dana yang harus dipersiapkan. Ya, jangan melihat nominalnya tapi manfaatnya. 

Daripada kamu pusing sendiri saat terjadi hal-hal yang gak diinginkan, alangkah baiknya kalau kamu sudah punya persiapan dong. Dengan begitu, kamu juga bisa menjalani hidup dengan tenang dan nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *