5 Tips Hidup Hemat untuk Hidup yang Lebih Menguntungkan

uang-elektronik
Uang Elektronik

Hidup hemat dapat terwujud jika Anda mampu mengelola keuangan dengan baik. Mulai melalui mengubah kebiasaan sehari-hari, seperti membuat anggaran belanja bulanan. Agar semakin terbantu, terapkan beberapa tips mewujudkan hidup hemat berikut agar pasak tidak lebih besar daripada tiang.

1. Belajar Memasak Makanan Sendiri

Cobalah untuk membiasakan diri bangun lebih pagi agar Anda dapat menyiapkan bekal makanan dari rumah. Sebab harga sebungkus nasi dan lauk di kantin atau warung dekat kantor lumayan menguras isi dompet. Misalnya, untuk satu kali makan, Anda harus merelakan uang sebesar Rp15.000 – Rp20.000 per hari. Dalam satu bulan, jumlahnya sudah mencapai ¼ dari gaji bulanan Anda. Memasak sendiri akan membuat anda hidup hemat.

2. Berani Menolak Ajakan Teman

Suka hangout bersama teman? Kebiasaan ini harus secepat mungkin diubah ya agar isi dompetmu tidak cepat habis. Meskipun harga menu makanan yang ditawarkan terjangkau, jumlah uang yang dihabiskan cukup lumayan, apalagi jika Anda terlalu sering hangout. Ajakan untuk hangout sebaiknya ditolak agar pengeluaranmu tetap terkontrol.

3. Bepergian dengan Angkutan Umum

Bepergian dengan kendaraan pribadi tentu lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan angkutan umum. Selain lebih cepat, suasana berkendara juga lebih nyaman. Namun, biaya perawatan kendaraan pribadi cukup mahal. Agar mesinnya tidak cepat rusak, Anda perlu memberi servis berkala yang meliputi penggantian spare parts atau mengganti oli.

4. Memanfaatkan Fasilitas Gratis

Manfaatkan fasilitas gratis yang ada di sekitar area tempat tinggalmu, baik area parkir, wi-fi, atau perpustakaan gratis. Jangan ragu untuk mengaktifkan kartu keanggotaan demi mendapatkan akses ke fasilitas gratis. Pada awalnya, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya pendaftaran. Setelah itu, Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut sepuasnya.

5. Sharing Tempat Tinggal

Biaya sewa kos-kosan, kontrakan, atau apartemen di kota besar, seperti Jakarta atau Bandung lumayan mahal. Sewa satu kamar petakan saja biayanya bisa mencapai jutaan rupiah per bulan. Agar gaji bulanan tidak habis untuk membayar uang sewa, Anda bisa tinggal sekamar atau serumah dengan teman. Biaya sewa per bulan dapat dibagi menjadi dua agar masing-masing orang membayar lebih murah.

Tinggal bersama teman tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, pilih teman sekamar atau serumah yang sudah lama Anda kenal untuk menghindari adanya rasa sungkan antara satu dengan yang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *