4 Cara Kendalikan Keuangan dari Transaksi Non Tunai

uang-elektronik
Uang Elektronik

Di Era Digital Perkembangan transaksi non tunai atau cashless semakin masif. Selain dapat memberikan kemudahan, dan kecepatan, transaksi non tunai juga dinilai lebih efisien.

Akan tetapi jika tak dikendalikan bisa mengancam kondisi keuangan pastinya. Sebab, mulai dari belanja secara online, makanan, minuman, hingga transportasi online menggunakan transaksi non tunai. Jika tak bisa kendalikan diri pastinya gajian cuma numpang lewat dong ya.

Nah, berikut ada 4 kiat mudah dalam mengatur keuangan di era cashless society.

1. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Era digital saat ini banyak sekali hal-hal mendasar yang dapat diatur secara digital, termasuk keuangan pribadi, saat ini mudah ditemukan aplikasi pengatur keuangan melalui smartphone.

Dengan aplikasi tersebut seseorang akan mampu mengatur keuangan pribadinya dengan mudah dan cepat, tentunya bisa menghemat pengeluaran.

Pengaturan keuangan melalui aplikasi bisa dilakukan secara online, mulai dari pencacatan kas harian, pengeluaran bulanan, hingga menyusun rencana keuangan selama satu bulan kedepan.

Dengan tercatat dan dihitung secara cermat, maka besar pasak daripada tiang tentunya tidak akan terjadi ya.

2. Jangan Tergoda Promo Cashback

Banyaknya program promosi cashback maupun potongan harga setiap abis gajian juga menjadi tantangan tersendiri. Selain dapat mendorong sifat konsumtif, promo ini digencarkan untuk menarik minat masyarakat dalam menggunakan uangnya.

Sebaiknya gunakan promo ini untuk pengeluaran rutin yang dapat menghemat, seperti tagihan listrik, telepon, hingga air.

Dengan menggunakan promo untuk kebutuhan atau tagihan rutin, maka mengelola keuangan akan semakin terasa menfaatnya, bukan hanya memanfaatkan promo untuk belanja, beli barang  yang belum perlu, atau bahkan hanya sekedar makanan dan minuman.

3. Install Aplikasi Belanja Online

Kemudahan berbelanja online melalui telepon genggam kerap kali menjadi hambatan dalam mengelola keuangan setiap bulannya. Jika memiliki waktu senggang atau istirahat kantor pasti selalu ada saja waktu yang dilakukan untuk sekedar membuka aplikasi marketplace atau e-commerce.

Sebaiknya install aplikasi marketplace yang hanya digunakan setiap bulannya, seperti bayar tagihan, ataupun belanja kebutuhan bulanan. Dengan ini dapat menghindari nafsu berbelanja online karena keingnan semata.

4. Mulai Berinvestasi

Tak hanya belanja yang semakin mudah, investasi juga semakin mudah sama dengan belanja online, akan tetapi harus cermat dan teliti untuk berinvestasi hal ini agar tidak terjebak dengan investasi abal-abal yang malah merugikan.

Tidak perlu ragu untuk memisahkan dana investasi setiap bulan setelah mendapatkan penghasilan, upayakan jangan menyisihkan dana investasi, tetapi memisahkan 10 persen dari penghasilansetiap bulan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *