Mau Mengatur Keuangan dengan Mudah ? Coba 4 Tips Ini !

uang-digital
Uang Digital

Kebutuhan biaya untuk lifestyle nikah ataupun liburan tidaklah sedikit. Diperlukan waktu dan cara agar mampu mengelola keuangan secara baik dan bijak.

Perencana Keuangan Metta Anggraini dari Anggraini & Partners mengatakan, dalam mengatur keuangan diperlukan susunan skala prioritas. Hal ini agar financial goals atau tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana sesuai tenggat waktu yang telah ditargetkan.

1. Tentukan Tujuan Finansial

“Pikirkan goals atau tujuan, kita harus bisa menentukan harus nyaman, dan nyamannya kaya apa. Seperti target punya rumah sendiri,” ujar Metta di Jakarta.

Menurutnya, setelah punya tujuan finansial yang akan dicapai, maka akan semakin mudah dalam mengatur keuangan.

“Ketika punya tujuan punya rumah, targetnya di daerah tertentu harganya Rp 500 juta. Nah itu sudah financial goals dan ini akan sangat membantu dari sisi perencanaan,” ungkap Metta.

2. Atur Cashflow Secara Bijak

Kemudian, setelah menentukan financial goals yang akan dicapai, prioritas kedua adalah mengatur keuangan dari arus kas atau cash flow dengan bijak.

Utamakan kebutuhan yang memang sangat diperlukan, dan kesampingkan keinginan yang akan membebani keuangan.

“Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kalau kebutuhan itu simpel, yang nggak penuhi, kita bakalan bisa mati. Kalau keinginan tidak terbatas,” jelas Metta.

Menurut Metta, usahakan arus kasih berjalan positif artinya tidak ada pengeluaran yang lebih besar dari pada penghasilan. Salah satu upayanya adalah jangan terlalu terjebak dalam kebutuhan gaya hidup semata.

3. Kelola Hutang Dengan Baik

Menurut Metta, pada kelompok prioritas ini utang terbagi menjadi dua bagian. Ada utang konsumtif dan utang produktif. Dengan mengatur keuangan utang secara bijak, maka bukan tidak mungkin memiliki utang yang produktif dan memberikan penghasilan tambahan.

4. Menabung

Setelah berhasil mengatur cashflow secara baik dan mengatur keuangan hutang dengan bijak, maka selanjutnya adalah menabung.

Prioritas ini sangat penting agar kedepannya bisa memiliki dana darurat atau bahkan dana hari tua.

Secara umum idealnya menabung 10 persen saving rasionya. Prinsipnya mengamankan aset dari inflasi tapi kalau bisa lebih bagus lagi.

Jika menabung dilakukan secara konsisten dan disiplin maka akan memberikan efek positif dari sisi perencanaan keuangan. Karena semakin muda mempersiapkan hari tua, maka akan sangat baik karena memiliki waktu yang panjang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *